Selasa, 08 Februari 2011

Skenario Negara Republik Indonesia


SKENARIO 1
Masuk ke Rahang Buaya


Indonesia mengalami ketidakpastian yang berkepanjangan sebagai akibat pemerintahan otoriter dengan kebijakan ekonomi tertutup. Indonesia dikucilkan oleh masyarakat dunia. Setiap semangat perlawanan rakyat dibungkam dengan jalan kekerasan dan teror. Penjara mulai penuh. Petani menggarap tanahnya sendiri, dan upah buruh sama di mana-mana, tetapi kemelaratan meluas di kota-kota besar. Pemilu 2009 ditunda.

Januari 2012, Johor, Malaysia.

Adzan maghrib sudah lama usai, keluarga pengungsi Indonesia menyaksikan tayangan berita TVM (Televisi Malaysia). Penyiar menuturkan bahwa dua puluh anak di Wonogiri meninggal karena busung lapar, dan ratusan lainnya kekurangan gizi. Dari Surabaya diberitakan bahwa lebih dari 200 orang aktivis mahasiswa dan organisasi non-pemerintah (ornop) hilang dalam 6 bulan terakhir. Mungkin mereka sudah dibunuh, atau dibuang ke pulau terpencil entah di mana.

“Saudara penonton, bersama kami adalah Puan Euis Kurniasih, mantan wartawati politik Indonesia yang kini bermukim di Malaysia,” tutur Sarah Zaini, sang penyiar.

“Selamat petang Puan Euis.”

“Selamat petang. Assalamualaikum, penonton,” jawab Euis.

“Sebelum saya bertanya tentang keadaan Indonesia sampai setakat ini, saya ingin tahu bilamana Puan mulai bermukim di Malaysia?”

“Sejak tahun 2008, saya menjadi guru mengaji di Melaka,”

“Puan adalah mantan wartawati tersohor dari Bandung. Tentu Puan mengikuti terus perkembangan Indonesia. Silah Puan bercerita,” lanjut penyiar.

“Tak banyak yang bisa saya sampaikan. Sejak terpaksa hijrah ke Malaysia, saya sulit memperoleh berita dari Indonesia. Banyak cerita menyeramkan di internet, tetapi pers Indonesia sudah dibungkam sejak kelompok militer melakukan kudeta tahun 2003, dengan didukung partai nasionalis-kerakyatan. Saya justru ingin bertanya kepada Puan Zaini, dari mana sumber berita TVM petang ini?”

“Oh, berita tentang penculikan aktivis mahasiswa dan LSM dari Associate Press (AP), berita kelaparan dari akhbar Indonesia.”

“Saya menduga, AP memperoleh berita dari sumber tidak resmi. Tak seorang pun wartawan Indonesia berani menulis berita seperti itu sejak enam tahun lalu. Saya mendapat banyak kisah dari pengungsi yang terpaksa meninggalkan Indonesia."

Penuturan Euis Kurniasih menjadi pembicaraan luas. Tiga hari kemudian, Harian Berita Malaysia memuat wawancara khusus Euis Kurniasih di halaman muka selama dua hari berturut-turut. Di Internet, wawancara diterjemahkan ke bahasa Inggris dan Indonesia.
***

Indonesia 2012 adalah sebuah negeri miskin yang terisolasi dan mengalami banyak tindak kekerasan. Untuk mempertahankan dukungan rakyat, pemerintah dengan susah payah memberikan subsidi pangan, BBM, dan listrik sampai 40 persen. Pemerintah merogoh dalam-dalam sumber daya alam, tetapi hanya bisa menjualnya ke beberapa negara yang bukan anggota WTO. Keputusan untuk menutup pasar domestik menyebabkan produk Indonesia diboikot di luar negeri.

Di daerah yang padat penduduk dan tidak punya sumber daya alam yang memadai seperti Jawa dan Nusa Tenggara, kemiskinan sudah menyamai situasi tahun 1960-an. Setelah UU No. 22/1999 mengenai otonomi diberlakukan, dan kemudian direvisi tahun 2004, daerah bersedia menyerahkan 30 persen pendapatannya ke pemerintah pusat. Akan tetapi, daerah kaya pun tidak mempunyai pemasukan yang berarti.

Sebagian pengusaha yang tidak puas dengan kebijakan pemerataan yang sangat ketat itu pindah ke luar negeri. Sedangkan yang bertahan diam-diam sebagian menggalang kekuatan. Bersama tuan tanah dan pemilik perkebunan di daerah-daerah, mereka melakukan aksi protes di banyak tempat; sebaliknya, pemerintah melancarkan teror untuk membungkam mereka.

Di Aceh, penggunaan pelabuhan Sabang untuk perdagangan obat bius dengan didukung oleh militer, menyebabkan tokoh-tokoh Aceh melancarkan protes keras. Militer kembali memakai kekerasan.

Pemerintah Indonesia tidak punya uang. Mereka menutup mata bahwa Indonesia sudah menjadi tempat singgah para bandar obat bius dunia. Pelacuran meningkat di kota-kota besar.
***

Reformasi 1998 berujung dengan kekacauan. DPR tidak puas dengan jawaban interpelasi Presiden Gus Dur dalam Sidang Tahuhan MPR 2000. Seminggu kemudian muncul kabar mengenai kelangkaan BBM. Harga bahan kebutuhan pokok merangkak naik. Gus Dur bertahan, tetapi nama baik dan kemampuannya dipermasalahkan.

UUD'45 berhasil diamandemen, dan kekuasaan presiden dibatasi. Namun kemerdekaan pers yang tidak berlandaskan etika yang kokoh menjadi panggung pertikaian para elit politik. Mereka saling tuding tentang dalang kekerasan di daerah. Surat kabar lokal habis halamannya terisi berita pembunuhan, pemerkosaan dan pengungsian di daerahnya sendiri-sendiri, akibat pertikaian antar kelompok agama dan suku, ataupun akibat tindak kekerasan militer.

Upaya menegakkan demokrasi ternyata tidak berjalan seiring dengan penegakkan hukum, karena tidak ada perubahan politik yang mendasar. Penyelidikan KKN cuma berhenti dalam pernyataan politik di koran. Tak ada pelaku kerusuhan yang berhasil ditangkap. Kriminalitas di kota-kota besar hampir tak terkendali, dan massa yang marah menangani sendiri pelaku kejahatan melalui pengadilan kilat di jalan-jalan.

Pemerintah juga belum menangani dengan sungguh-sungguh masalah pelanggaran HAM yang diwarisi dari pemerintah sebelumnya. Korban menilai pemerintah tidak peduli. RUU Pengadilan HAM terus diperdebatkan. Selain ada pasal-pasalnya yang bertentangan dengan hukum internasional, beberapa fraksi mempermasalahkan definisi pelanggaran HAM yang dianggap memojokkan TNI dan Polri. Orang juga membicarakan tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi, tetapi karena belum ada kejelasan mengenai bentuk dan siapa yang akan menjadi anggotanya, korban khawatir komisi itu merupakan alat pengampunan saja.

Sidang Istiwewa 2001 berhasil menurunkan Presiden Gus Dur, dan menggantikannya dengan Megawati, serta menaikkan Akbar Tanjung menjadi Wakil Presiden. Koalisi partai PDI-Perjuangan dan Golkar menguasai mayoritas suara di MPR dan DPR, tetapi serangan kepada pemerintah di media massa tak kunjung henti. Pendukung Gus Dur yang marah, bergabung dengan kelompok-kelompok sektarian.

"Tuntutan IMF dan Bank dunia agar Indonesia membayar utang sesuai waktu, menyebabkan pemerintah tidak menyisakan anggaran untuk kesejahteraan masyarakat," Euis melanjutkan. BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional) hanya bisa menjual perusahaan-perusahaan yang berada di bawah penanganannya seharga sepuluh persen dari harga yang dinyatakan para konglomerat ketika mereka menyerahkan perusahaannya. Sementara, nilai rupiah tetap di atas Rp. 9000, dan mudah sekali dipengaruhi oleh pernyataan politik yang silih berganti.

Persentase anak putus sekolah meningkat. Di tingkat SLTP, dari tujuh anak yang mendaftar, satu di antaranya tidak mampu melanjutkan sekolah sebelum naik ke kelas dua. Orang juga memilih membeli gula impor yang membanjir dengan harga Rp. 3500 sekilo daripada membeli gula lokal yang Rp. 5000. Protes massal petani gula dan petani padi berlangsung bergantian dengan protes buruh yang menuntut kenaikan upah.

Di daerah, tuntutan kemerdekaan Papua diikuti dengan situasi seperti di Timor Lorosae pasca jajak-pendapat. Konflik antara kelompok pro Papua Merdeka dan kelompok pro RI menyebabkan rakyat menjadi korban pertikaian bersenjata. Konflik berdarah di Maluku melebar ke Sulawesi, Lombok serta pantai Utara Jawa, dan mematangkan perlawanan kelompok-kelompok sektarian. Di Sambas dan Pontianak, puluhan ribu pengungsi akibat konflik suku, sudah dua tahun terlantar.

Di tengah kegalauan, rakyat ibarat mendapat harapan baru saat kelompok nasionalis-kerakyatan mempropagandakan ekonomi kerakyatan. Mereka menjanjikan otonomi daerah. Militer, yang selama tiga tahun terakhir itu terus ditekan agar mengurangi perannya dan menjadi sasaran tuntutan para pejuang hak asasi manusia, menemukan kembali jalan masuk ke percaturan politik. Bergabung dengan kelompok nasionalis-kerakyatan dan kelompok sektarian, mereka menuntut Pemerintah mengeluarkan dekrit untuk kembali ke UUD'45. Megawati menolak karena tidak mau mengulangi kesalahan ayahnya tahun 1959.

Sementara itu, beberapa anggota TNI yang ingin menegakkan kembali kemurnian Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, berhasil membentuk kelompok militer profesional-nasionalis. Kelompok yang mendapat simpati rakyat ini bergabung dengan kekuatan nasionalis-kerakyatan.

Pada tahun 2003, mereka melancarkan kudeta, dan berhasil.

Presiden, Wakil Presiden, dan seluruh anggota kabinet dipenjarakan kecuali mereka yang bersedia mengucapkan janji setia kepada rezim baru. Korban berjatuhan, tetapi rakyat menerima penjelasan pemimpin kudeta sebagai, "harga yang dibayar untuk kemenangan rakyat dan kejayaan persatuan Indonesia". Para pendukung Gus Dur yang dulu bergabung dengan kekuatan politik sektarian, sekarang ikut melancarkan proses pengalihan kekuasaan.

Semua stasiun televisi dan radio yang diduga akan menghambat rezim baru, diduduki. Penyiaran dibatasi untuk propaganda rezim. Sedangkan para pemimpin redaksi media cetak harus melakukan swasensor supaya tidak menyiarkan pernyataan yang dinilai membahayakan keselamatan negara. Organisasi non pemerintah dilarang, kecuali yang mendukung pemerintah. Pemerintah mencabut UU Pers No.40/99, mengeluarkan Perpu tentang pers bertanggung jawab, dan menandatangani UU PKB. Posisi politik yang strategis dipegang kembali oleh pejabat-pejabat militer, khususnya di daerah.

Sekalipun dunia internasional mengecam kudeta ini, tetapi tidak ada yang bersikap frontal. Amerika Serikat dan negara-negara Eropa hanya menghimbau agar pemerintahan baru menghormati hak asasi manusia, dan menjalankan roda pemerintahan secara demokratis. Beberapa negara Asean menenggang rasa.

Ketika pemerintah mulai membagi saham perusahaan-perusahaan besar, rakyat merasa memiliki kekayaan bersama. Pengelolaan perkebunan dan pertambangan non migas juga diserahkan kepada rakyat. Suara-suara dari kelompok perempuan yang mengingatkan bahwa semua janji kemungkinan besar harus dibayar mahal pada suatu ketika, kalah populer. Para aktivisnya ditangkap dan dipenjarakan tanpa proses pengadilan. Rezim ini memenangkan Pemilu dengan mutlak. Indonesia kembali ke UUD'45.
***

Pidato pertama Presiden setelah kudeta berhasil menggalang kekuatan buruh dan petani untuk berdemonstrasi menuntut IMF dan Bank Dunia serta negara-negara pemberi utang yang tergabung dalam Paris Club, agar menghapus utang Indonesia. ketika IMF tidak bereaksi, pemerintah secara sepihak menunda pembayaran utang untuk waktu yang tidak ditentukan. Kepada rakyat disampaikan bahwa dananya akan dialihkan untuk membiayai program pendidikan, termasuk menaikkan gaji guru dan pelayanan kesehatan. Pemerintah menyadari bahwa pendidikan dapat menjadi sarana yang sangat efektif untuk menanamkan dan menyebarkan ideologi pemerintah.

Selama beberapa bulan IMF, Bank Dunia dan lembaga keuangan dunia menahan diri untuk tidak menjawab kecaman pemerintah Indonesia. Mereka masih bersikap hati-hati. Sedikit kesalahan dapat memicu kekacauan yang lebih besar. Ini berarti piutang USD 135 milyar tak akan terbayar. Sedangkan untuk negara-negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Jepang, Cina, dan juga bagi Korea, Singapura dan Malaysia, kehancuran Indonesia berarti hancurnya aset dan investasi mereka. Boikot atas produk Indonesia baru dilakukan ketika Indonesia kemudian menutup pasarnya dari produk luar negeri.
***

Pada tahun pertama, rezim ini sangat pro-rakyat. Namun isolasi dan embargo oleh dunia internasional menyebabkan sisa-sisa cadangan devisa –yang dikelola dengan penetapan nilai kurs tetap— mengering untuk membiayai impor bahan pangan dan peralatan militer. BUMN juga sudah mendekati kebangkrutan karena hanya bisa menerima pesanan-pesanan kecil dalam negeri, yang tak cukup untuk membayar gaji pegawainya. Perusahaan-perusahan yang sudah mengalami restrukturisasi dikembalikan ke bank-bank BUMN. Sementara aset-aset yang ada dalam penguasaan BPPN dijual ke pengusaha lokal melalui koperasi.

Perusahaan konglomerat yang diharuskan membagi sahamnya kepada rakyat, ternyata juga sudah menjual asetnya ke perusahaan asing, yang sebetulnya adalah kepunyaannya sendiri. Setahun yang lalu, mereka lari ke luar negeri. Tidak banyak pabrik yang beroperasi karena bahan baku impor tak bisa diperoleh. Pemerintah memacu keras industri yang tersisa, sehingga limbahnya mencemari sungai-sungai. Hanya perusahaan perkebunan, terutama kebun sawit, yang masih bisa diandalkan. Pemerintah menyerahkan pengelolaannya kepada rakyat, namun menjadi pembeli tunggal, sebagaimana waktu penjajah Belanda menerapkan kebijakan Cultuur Stelsel. Rakyat kekurangan pangan dan air bersih, penyakit beri-beri ditemukan di mana-mana.
***

Hubungan dengan daerah sebetulnya melahirkan kesepakatan untuk membangun Indonesia baru yang berkeadilan dan merata, setelah pada tahun 2006 pemerintah menyelenggarakan Kongres Nasional Indonesia (KNI). Kongres ini diikuti oleh pejabat tinggi pemerintah, perwakilan daerah, ornop, dan mahasiswa. Daerah memperoleh pembagian yang adil atas setiap hasil pengolahan sumberdayanya. Setiap BUMN juga melakukan redistribusi kepemilikan, dengan cara memberi saham kepada pemerintah daerah dan koperasi milik masyarakat setempat. Hanya pertahanan dan keamanan yang tetap dikelola pemerintah pusat. Di daerah hal ini dilakukan dengan meningkatkan peran teritorial TNI dan Polri.

Aceh, Papua Barat, serta Riau yang semula tetap ingin memisahkan diri dari RI, akhirnya bersedia menunda tuntutannya setelah pemerintah meminta maaf atas pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di masa lalu. Beberapa jenderal dari pemerintahan Orde Baru diajukan ke pengadilan HAM, dan dihukum. Korban kekerasan mendapatkan jaminan untuk memperoleh kompensasi.

Pemerintah juga menandatangani perjanjian baru Jeda Kemanusiaan dengan Aceh, sebagai langkah awal untuk menyelesaikan konflik. Aceh memberlakukan syariat Islam di seluruh wilayahnya, sedangkan Papua Barat menghidupkan kembali lembaga adat. Di Papua Barat, sistem pemerintahan desa dan kecamatan diganti dengan lembaga kepemimpinan adat, yang sekaligus mengatur pengelolaan sumber daya alam sesuai dengan hak adat dan ulayat rakyat.
***

Euis menatap ke luar jendela ruang tamunya. Awan kelabu bulan Januari menghalangi pemandangan ke Semenanjung Malaka. Di seberang selat, Pemerintah Indonesia sedang tersengal-sengal menyongsong pemilu, tetapi masih yakin bahwa stabilitas politik bisa dipertahankan. Kebijakan pemerataan ekonomi yang dicanangkan tujuh tahun lalu memang mengobati kepincangan sosial, tetapi menghasilkan kemelaratan yang terus meluas. Masyarakat kian bergantung kepada penguasa dan kian kehilangan kedaulatan atas dirinya.

Indonesia 2012 bak pohon Tanjung yang bunganya layu. Daun-daunnya menguning dan gugur. Dahannya mengering, rantingnya meranggas patah-patah.

Di Aceh, operasi militer mengejar Cut Zara, tokoh perempuan anggota gerakan perjuangan rakyat Aceh yang aktif kembali sejak tahun 2009, didahului dengan pengusiran penduduk dan pembakaran ladang rakyat. Warga dipaksa mengungsi. Seorang bapak bertutur dengan suara bergetar, " Harta benda dan kambing peliharaan kami satu-satunya hangus dibakar. Anak kami yang berumur 7 tahun juga tertembak. Kami kehilangan semua sumber kehidupan yang membuat kami akan mati kelaparan."

Indonesia dikecam oleh dunia internasional, tetapi pemerintah tidak mempedulikannya. Kebanyakan rakyat tidak mempunyai cukup akses untuk berhubungan dengan daerah lain, apalagi dengan luar negeri. Sebagian kelompok berpendidikan yang kecewa, bergabung dengan partai politik sektarian yang marah karena pemerintah campur tangan terlalu banyak di dalam penyelenggaraan kegiatan beragama.

Tidak ada banyak pilihan karena pemerintah mengurangi jumlah partai politik yang sempat menjamur setelah Orde Baru jatuh. Sisanya melawan diam-diam melalui gerakan bawah tanah atau gerakan moral dengan menulis buku untuk menyampaikan pesan agar rakyat bangkit melawan penindasan. Namun, karya sastra dan seni seperti itu cepat sekali diberangus. Penulisnya ditangkap. Sekelompok perempuan membentuk gerakan bawah tanah untuk menolong korban kekerasan militer di daerah dan menangani pengungsi, sambil menyelidiki jaringan prostitusi anak.
***

Euis berhenti bertutur.

"Puan Euis, Puan adalah salah seorang dari mereka," ucapan wartawan itu mengejutkan Euis. "Saya tak punya pilihan selain meninggalkan negeri saya. Mantan suami dan anak saya masih di Bandung. Sebagai pegawai pemerintah, suami saya mendapat tekanan untuk memanggil saya pulang. Di sana, saya akan dipenjarakan. Di sini, saya masih …" suaranya terhenti oleh deringan telepon.

"Puan Euis?" suara di ujung sana bertanya. "Bolehkah saya menjemput Puan kemari sekarang juga? Ada tongkang pengungsi baru saja terdampar di pesisir Melaka. Saya hanya sempat menghitung, ada dua puluh tiga orang budak di antara mereka."
*****



SKENARIO 2
Di Ujung Tanduk


Indonesia bagaikan matahari yang akan tenggelam. Langit memerah seakan disiram darah rakyat Indonesia yang menjadi korban kekejaman pemerintah dan aparatnya. Indonesia seperti kapal diterjang badai, dan pecah berantakan.

Waikiki, Hawaii, 4 Mei 2012.

Raden Sukarto, pensiunan jenderal yang sedang berlibur di Waikiki, terkejut mendengar berita pagi CNN bahwa Gerakan Riau Merdeka (GRM) memukul mundur TNI dan menduduki beberapa desa di pinggir kota Pekanbaru. Tampak dalam layar televisi, korban dari pihak TNI maupun Tentara Riau Merdeka (TRM) bergelimpangan di jalan-jalan yang menjadi kancah pertempuran. Perlawanan bersenjata Riau Merdeka dimulai tahun 2008, setelah upaya damai mengalami kegagalan. Korban dari kedua belah pihak diperkirakan lebih dari 30.000 orang. Jantung R. Sukarto berdebar-debar ketika mendengar salah seorang komandan TRM menyatakan bahwa tak lama lagi ibukota Riau akan jatuh.

“Ma,” seru Sukarto kepada istrinya yang ikut berlibur, “Riau akan jatuh.”

”Bagaimana CNN dapat menyiarkan berita dari Riau. Bukankah wartawan asing hanya boleh tinggal di Jakarta, itupun dengan pengamatan yang ketat sekali. Pemerintah tidak senang kejadian di Indonesia diliput wartawan,” tanya Ny. Mien Soekarto,

“Ada beberapa kemungkinan. Wartawan itu nekat menyamar sebagai turis, atau GRM menyelundupkan rekaman itu ke Singapura, dan dari situ disiarkan oleh CNN, atau dikirim lewat internet,” Surkato menjelaskan.

“Pa, lihat! Itu berita susulan dari Riau di CNN,” kata Mien.
***

Seorang anak muda berumur sekitar 23 tahun, yang Komandan Batalyon Lancang Kuning, tampak di layar televisi CNN. Ia bernama Ahmad Azzam, aktivis mahasiswa di Pekanbaru, yang bergabung dengan GRM tahun 2008. Wawancara dilakukan di desa pinggir Pekanbaru, dan baru bisa disiarkan setelah rekamannya diloloskan ke luar negeri. Setelah penyiar memperkenalkan Azzam, CNN mencuplik wawancara kecil dengannya.

Sukarto mendengar alasan Azzam bergabung dengan GRM. Secara garis besar Azzam merasa bimbang sebelum aktif dalam GRM. Ia mengaku pernah menjadi anggota Pramuka dan telah mengucapkan janji, bahwa demi kehormatannya, ia berjanji menjalankan kewajibannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),…. Dan menolong sesama hidup …” Azzam tampak bersedih, ketika ia menyatakan mempunyai banyak sahabat di Jakarta, Bandung, Malang dan Bali. Mereka bertemu dalam Jambore Nasional delapan tahun lalu. Ia berdoa, semoga tak seorang pun sahabatnya yang menjadi TNI di Riau.

Sukarto melihat mata Azzam berkaca-kaca, ketika ia menyatakan kecintaannya kepada kemanusiaan dan keadilan lebih tinggi daripada kecintaannya kepada NKRI. Banyak sahabatnya ditahan, tidak ada hukum di Indonesia, kekayaan dikuasai pejabat dan konglomerat. Kini ia malu menjadi orang Indonesia, dan memutuskan membela kemanusiaan. Bagi Azzam, negara dibuat untuk kebahagiaan manusia, bukan sebaliknya, manusia dikorbankan untuk kejayaan negara. Azzam memperkirakan beberapa hari lagi Riau akan jatuh, dan program pertama Riau Merdeka adalah menolong rakyat agar keluar dari penderitaan dan menciptakan kehidupan yang damai.

Kini, Sukarto menghela nafas panjang, ada rasa sedikit nyeri menusuk jantungnya. Ia raba dadanya kembali. Memang, minyak dan hasil perkebunan di Riau dikuras, tetapi rakyat tidak memperoleh manfaatnya. Rakyat kelaparan. Mereka yang protes ditangkap dan disiksa. Bahkan ia mendengar bahwa TNI masih menggunakan cara lama untuk menakut-nakuti aktivis perempuan, yaitu dengan menangkapinya dan memperkosanya, dan cara lain yang menghina martabat perempuan. Banyak juga aktivis di Riau yang hilang. Itu baru kasus Riau, belum lagi provinsi lain.
***

“Gila CNN memberi liputan tentang Riau sedemikian lama,” kata Soekarto.

“Itu tanda-tanda TNI akan kalah,” simpul istri R. Sukarto.

Ketika Sukarto mau mengambil minuman, ponselnya bergetar, dan di ujung sana terdengar suara Suratno. “Anda menonton CNN? Indonesia makin gawat.” Suratno juga pensiunan jenderal, yang menjadi komisaris beberapa perusahaan konglomerat Indonesia. Sejak tahun 2007, muncul mode berlibur ke luar negeri di kalangan konglomerat. Memang mahal, tapi nyaman. Nyaris tidak ada satu tempat wisata pun yang aman di Indonesia. Untuk tiba di tempat wisata, orang harus melewati perkampungan kumuh, dan menyaksikan alam Indonesia yang carut marut, dirusak oleh penguasa dan pengusaha.

“Mas Karto sudah baca buku Twilight in Indonesia, yang ditulis David Jones, wartawan Los Angeles Times. Kita pernah bertemu dengannya tahun lalu?”

“Belum, tapi saya sudah membelinya, sebentar lagi akan saya baca.”

Percakapan berhenti, Soekarto mengambil buku Twilight in Indonesia yang versi Indonesianya berjudul “Sandyakalaning Indonesia”. Buku itu dibelinya ketika ia tiba di Honolulu. Orang Indonesia hanya bisa membaca sisi lain Indonesia di luar negeri. Di Indonesia, media massa dijadikan propaganda pemerintah. Banyak radio, media cetak, bahkan televisi swasta yang ditutup, karena menyinggung penguasa. Lebih 200 wartawan dipenjara, dan sekitar 130 wartawan hilang diculik, di antaranya diduga meninggal dunia.

Soekarto pergi ke beranda dan mulai membaca bukunya.
***

Indonesia bagaikan matahari yang akan tenggelam. Langit memerah seakan disiram darah rakyat Indonesia yang menjadi korban kekejaman pemerintah dan aparatnya. Indonesia seperti kapal diterjang badai, dan pecah berantakan. Disintegrasi Indonesia semakin parah, setelah GRM mengangkat senjata tahun 2008, menyusul Aceh yang merdeka pada tahun 2006, dan Papua pada tahun 2007.

Keadaan Indonesia lebih parah daripada negara-negara Balkan, karena konflik yang terjadi bukan hanya antara daerah dan pusat, tetapi juga konflik antar-agama, antar-suku, buruh-majikan, pribumi-keturunan Cina. Konflik agama di Maluku menyebar ke Sulawesi, Jawa, dan Sumatera. Orang-orang Cina dikejar-kejar, hartanya dirampas. Konflik antar-suku juga menjadi-jadi. Orang Madura mati-matian melawan orang Dayak. Di Bandung, muncul gerakan anti-Jawa. Tragedi Perang Bubat diungkap lagi.

Pemerintah gagal meredam konflik horisontal, walaupun sudah menggunakan represi dan segala macam propaganda dan represi. Rakyat tidak percaya kepada pengadilan, yang berpihak kepada penguasa dan pengusaha. Pencuri ayam, atau pencopet, yang tertangkap dibantai ramai-ramai, kadangkala dibakar. Namun pencurian tetap terjadi. Seorang pencuri yang tertangkap sebelum dibantai mengatakan, sesungguhnya ia takut sekali waktu mau mencuri, karena kalau tertangkap berarti mati. Namun kalau ia tidak mencuri, ia kelaparan dan pelan-pelan akan mati juga. Oleh karena ujung-ujungnya akan mati, dan ia tidak kuat menahan lapar lagi, maka ia mencuri ayam.
***

David Jones menuturkan, malapetaka di Indonesia terjadi karena kegagalan reformasi yang dimulai tahun 1998. Pemerintahan Gus Dur tidak bertahan lama. Dengan berbagai alasan DPR meminta Sidang Istimewa MPR tahun 2001 untuk menjatuhkan Gus Dur.

Gus Dur dan para pendukungnya tidak tinggal diam. Mereka membongkar kasus korupsi dan politik uang lawan politiknya, terutama dari kelompok sisa-sisa laskar Orde Baru. Kasus-kasus korupsi yang dilakukan para mantan pejabat Orde Baru diajukan ke pengadilan. Pendukung Gus Dur menyatakan, pendukung setia Soeharto sok paling reformis, padahal mereka itu maling teriak maling. Tokoh PDI Perjuangan dilobi, agar jangan bergabung dengan kelompok yang pernah menindasnya.

Serangan balik Gus Dur tidak terlalu lama bergema. Apalagi tokoh-tokoh Orde Baru yang dituduh korupsi dibebaskan oleh pengadilan. Televisi swasta lebih sering menampilkan tokoh-tokoh anti-Gus Dur, meskipun sesekali ditampilkan pendukung Gus Dur yang kalibernya tidak sepadan. Ulasan televisi swasta sering menyudutkan posisi Gus Dur. Hal itu dapat dimengerti, karena mayoritas saham televisi swasta dikuasai keluarga mantan Presiden Suharto dan kroninya.

Pegawai negeri, swasta, pedagang, kaum professional, buruh, bahkan mahasiswa jengkel menyaksikan “akrobat” para elit politik itu. Mereka bosan mendengarkan atau membaca berita politik. Tiras media cetak yang menitikberatkan berita politik menurun. Liputan berita televisi kekeringan iklan karena ratingnya menurun.
***

Gus Dur diturunkan dari jabatannya dalam Sidang Istimewa MPR akhir 2001. Pendukung Gus Dur di Jawa Timur dan Jawa Tengah marah. Pertumpahan darah tak bisa dicegah, tapi dengan mudah dipatahkan oleh TNI dan Polri atas perintah Presiden. Belasan ribu kiai dan santri terbunuh, puluhan ribu lagi ditangkap. Nasib pendukung Gus Dur, seperti nasib orang PKI pada masa Orde Baru. Untuk mengatasi gejolak di kalangan umat Islam, pemerintah dan TNI merangkul kelompok Islam anti Gus Dur.

Presiden baru menyatakan Indonesia dalam keadaan darurat militer. Militer mengambil-alih kendali politik lagi, pasal-pasal dalam UU Penanggulangan Keadaan Bahaya (PKB) diperkeras kemudian diundangkan, pelaksanaan otonomi daerah ditunda, serta UU No.40/1999 tentang Pers diganti, sehingga pemerintah mempunyai wewenang mengontrol pers. Setelah itu media massa menjadi alat propaganda pemerintah.

Pemerintah melakukan kampanye anti-kemiskinan, dengan pembangunan yang mengutamakan pertumbuhan. Untuk menjamin pembangunan yang berkelanjutan, pemerintah dan DPR didorong untuk kembali ke UUD 1945 seperti teks aslinya, dan membatalkan seluruh amandemen yang dilakukan MPR. UUD 45 memberi kekuasaan kepada pemerintah untuk melakukan represi, demi kestabilan dan pembangunan.

Dalam prakteknya, penguasa berkolusi para pengusaha menumpuk kekayaan, sehingga muncullah konglomerat baru. Sesungguhnya mereka adalah konglomerat lama yang ganti baju, dan membeli asset mereka sendiri dari BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional) dengan harga yang murah. Oleh karena ingin cepat tumbuh, pemerintah mendorong industri berteknologi tinggi dan bermodal besar. Dengan kebijakan ini, Indonesia berharap segera bisa masuk ke dalam AFTA, pemerintah juga menutup mata pengurasan sumberdaya alam dan perusakan lingkungan. Hutan dibabat, kekayaan laut dikuras pukat harimau, bukit dan gunung digempur. Kekayaan alam dibawa ke Jakarta dan luar negeri, sementara itu orang-orang daerah menggigit jarinya. Hampir semua devisa negara dipakai untuk anggaran keamanan, dan membayar utang IMF. Dana pelayanan publik sangat kecil.

Keadaan ini membangkitkan kemarahan mahasiswa, aktivis ornop dan ormas lainnya. Mereka mengecam pengganti Gus Dur yang menghidupkan kembali rezim Orde Baru. Indonesia bagaikan lepas dari mulut harimau, masuk ke rahang buaya. Pemerintahan baru bagaikan Zombie Orde Baru. Namun protes itu segera ditindas, dan tidak bergema sedikit pun dalam media massa, kecuali dalam internet. Untuk itulah pemerintah membuat peraturan baru yang menakut-nakuti Internet Service Provider. Pemerintah menangkap para pengirim e-mail yang mengecamnya. Mereka disiksa, kalau ternyata salah tangkap mereka dilepaskan, kalau benar mereka dipenjara.

Untuk mengatasi gerakan mahasiswa, pemerintah memaksa mahasiswa kembali ke kampus. Pendidikan dan agama digunakan untuk menyeragamkan cara berpikir, dan memasyarakatkan wawasan bahwa orang yang berbeda pandangan itu adalah orang yang berbahaya. Pemerintah juga menghidupkan organisasi wanita yang dikontrol pemerintah, semacam Dharma Wanita, sebagai alat politik, dan kebijakan pemerintah tentang perempuan mendorong penguatan peran domestik perempuan.

Pemerintahan pengganti Gus Dur menyelenggarakan pemilu tahun 2004, dengan cara-cara Orde Baru, dan dengan pengalamannya yang berkali-kali, akhirnya partai sisa-sisa Orde Baru mampu mengungguli PDI Perjuangan, dan muncullah Orde Baru jilid II.

Raden Sukarto menarik nafas panjang, rasa nyeri di jantungnya agak berkurang. Perjalanan riwayat Indonesia bergerak dibenaknya. Ia turut menumpas gerakan separatis di daerah-daerah, korban yang jatuh banyak sekali. Untuk itu ia mendapat penghargaan pemerintah, berupa hak mengelola beberapa perusahaan besar. Ada buku lain yang berjudul “Balkanisasi di Indonesia”, karya Dr. Purnama Adi - aktivis yang melarikan diri ke luar negeri. Sukarto membeli buku itu di Bandara Changi, Singapura.

“Pa,” tergur istrinya, “Papa ke sini mau baca buku, atau jalan-jalan, sih.”

“Tentu mau jalan-jalan, tapi papa masih capai.”

“Okelah, papa istirahat dulu, saya mau jalan-jalan ke pantai.”

Begitu istrinya pergi, ia membuka kembali buku Purnama Adi.
***

Purnama Adi mengungkapkan proses disintegrasi Indonesia. Bulan Juli 2000, Theys Eluay, pemimpin Papua, menyatakan jika Gus Dur digusur, Papua melepaskan diri dari Indonesia. Ia berhasil melarikan diri ke luar negeri, tapi TNI menangkapi teman-temannya. Gerakan Papua Merdeka (GPM) segera ditumpas, dan angkatan bersenjatanya masuk hutan.

Keadaan darurat militer di seluruh Indonesia, yang diumumkan setelah pecah kerusuhan di Jawa Timur dan Jawa Tengah akibat digusurnya Gus Dur tahun 2001, dipakai alasan untuk menumpas Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Korban berjatuhan di kedua belah pihak, dan rakyat makin banyak yang mendukung GAM. Pengalaman yang bertahun-tahun, dan pasokan senjata dari luar negeri, membuat GAM mampu mengisolasi TNI di kota. Kampanye anti-TNI disebarkan lewat kaset dan fotokopi. Jalur logistik dan komunikasi TNI di lapangan dipotong.

Biaya yang tinggi dalam operasi militer di Aceh amat memberatkan anggaran belanja pemerintah. Indonesia tinggal memilih, mundur dari Aceh, atau makin banyak prajurit TNI menjadi korban. Ketika perlawanan rakyat Aceh makin sengit, GPM mulai menunjukkan kekuatannya. Kota Sorong mendapat gempuran paling berat, sedang kota-kota lainnya tak luput dari gangguan. Kota-kota bagaikan terapung-apung di atas rimba belantara, tempat TNI bertahan.

Pemerintah Jakarta harus memilih, mempertahankan Aceh atau Papua, atau melepaskan kedua-duanya. Kekurangan dana memaksa TNI meninggalkan Aceh, dan Banda Aceh jatuh ke tangan GAM, tanggal 11 Juni 2007. Anggota TNI yang tidak terangkut pesawat dan kapal ditawan. Afghanistan dan Lybia mengakui kemerdekaan Aceh, yang disusul oleh negara-negara lain. Tahun 2008 Papua memproklamasikan kemerdekaannya, setelah mengusir TNI. Pada saat yang hampir bersamaan Gerakan Riau Merdeka menggunakan perlawanan bersenjata terhadap Republik Indonesia. Perhatian pemerintah untuk mengatasi perjuangan kemerdekaan daerah-daerah terpecah karena konflik rasial di P.Jawa, dan Medan. Hampir semua kekayaan yang dikumpulkan negara, digunakan untuk membiayai operasi keamanan.
***

Kepala Soekarto terasa pening, otot-otot leher di tengkuknya terasa kaku. Rasa nyeri di jantungnya terasa lagi, ia mengusap dadanya. Ia bangkit dari tempat duduk menuju kamar tidur, waktu berjalan, kakinya terasa berat. Ia berpikir, ia harus memberi tahu istrinya dan menghubungi dokter. Perlahan-lahan ia duduk di tepi tempat tidur, dan saat itu CNN menyiarkan stop press, bahwa Pakanbaru jatuh dan GRM memproklamasikan kemerdekaannya. Tampak di layar televisi komandan TNI menandatangani penyerahan diri, beserta seluruh senjatanya.

Walaupun kepalanya bertambah pening, dan dadanya makin nyeri, wajah komandan itu menarik perhatiannya. “Bagio,” desisnya. Bagio adalah adik bungsu R. Soekarto yang karirnya cemerlang dalam TNI. Jantung Sukarto berdegup makin kencang, jantungnya makin nyeri, dan tiba-tiba nafasnya terasa tercekik. Ia terkulai dan ambruk di lantai. Dari pantai, angin menyerbu ke dalam kamar. Tirai berkibar-kibar.
***



SKENARIO 3
Mengayuh Biduk Retak


Ketakutan akan pertumpahan darah akibat perpecahan di Indonesia, memaksa orang untuk duduk di meja dialog. Hasilnya adalah otonomi daerah seluas-luasnya, dan penuntasan demokratisasi. Keserakahan dan penumpukan kekayaan pada segelintir orang sering terjadi, dan banyak di antara pelakunya lolos dari jeratan hukum.


Pukul 09.00, 1 April 2008, PT Mega Steel Nusantara, Cilegon, Banten.

Frans Numbere, Sekretaris Serikat Buruh PT Mega Steel Nusantara tergesa-gesa membuka surat dari pihak manajemen. PT Mega Steel Nusantara adalah industri berat raksasa yang memasok bahan baku industri manufaktur di Indonesia, dan beberapa negara lain. “Mereka menolak menaikkan upah buruh sebesar 40%, dan hanya mau 10%,” kata Frans. “Ini pernyataan perang,” seru Situmorang, Koordinator Lapangan (Korlap) yang menggerakkan pemogokan buruh sejak bulan Februari lalu.

Keesokan harinya, koran lokal memuat penjelasan pihak manajemen tentang kebijakan perusahaan yang hanya menaikkan upah 10%, dan memberi ultimatum, jika pada tanggal 7 April, buruh tidak bekerja kembali, maka pihak manajemen menganggap buruh menolak. Jika hal itu terjadi maka perusahaan akan ditutup, dan seluruh buruh akan diberhentikan, di-PHK.

Sejak pagi buruh melakukan demonstrasi besar-besaran. Polri datang melerai konflik dan mengusulkan agar pimpinan buruh bermusyawarah dengan pihak manajemen. Musyawarah itu gagal mencapai mufakat tentang kenaikan upah buruh, namun mereka setuju untuk mengundang pihak ketiga sebagai penengah. Hasil pertemuan antara penengah, buruh, dan pihak manajemen menghasilkan kesepakatan, bahwa pihak manajemen hanya menaikkan upah buruh 10%, tapi memberi kesempatan kepada buruh –secara pribadi maupun organisasi- untuk turut mempunyai saham perusahaan.
***

Studi kasus PT Mega Steel Nusantara dua tahun yang lalu itu dibahas di dalam Simposium “Prospek Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2010-an” di Banjarmasin, 10 Januari 2010. Kasus itu memberi pelajaran kepada manajemen dan buruh untuk menyelesaikan konflik di meja perundingan. Buruh turut menjadi pemilik perusahaan, dan aksi pemogokan berkurang. Para pengusaha sadar, bahwa tuntutan buruh yang paling dasar adalah keadilan dan kewajaran, bukan sekadar besarnya upah. Jadi, yang diperlukan adalah manajemen keuangan yang lebih transparan, dan hal itulah yang mendorong makin hari makin banyak perusahaan yang memberi kesempatan kepada buruhnya untuk turut memiliki saham, atau perusahaan itu langsung go public.

Dalam simposium itu, Ketua Umum Kadin, Sandy Waraow mengatakan, kasus itu memberi pelajaran, bahwa cara bersaing dengan menekan upah buruh harus ditinggalkan, dan perusahaan didorong untuk mengembangkan cara bersaing dengan meninggikan mutu produk atau jasa. “Sebagai contoh adalah Mega Steel Nusantara, kaum buruhnya menanamkan dana pemogokannya menjadi saham perusahaan. Walaupun persentase suara buruh tidak besar dalam RUPS, gagasannya mempengaruhi cara berpikir pemilik modal lainnya, sehingga tahun lalu upah mereka naik 30%, ditambah asuransi pensiun dan asuransi kecelakaan. Kenaikan upah itu adalah kompensasi dari unjuk kerja para buruh yang sangat baik,” katanya.

“Apa yang terjadi di Mega Steel Nusantara diikuti oleh perusahaan lainnya. Daya beli kaum buruh meningkat sehingga mereka mampu menabung dan belanja lebih banyak. Hal itu membuat pasar makin berkembang, sehingga investor asing berdatangan, merelokasi industrinya untuk turut memasarkan produknya. Kebijakan ekonomi yang mengutamakan pertumbuhan mendorong orang berlomba-lomba untuk turut tumbuh. Tugas pemerintah hanya menjadi fasilitator bagi kelompok masyarakat yang kurang mampu bersaing, dengan membantu mereka dalam penelitian dan pengembangan,” tambah Ketua Umum Kadin itu, dengan cara itu Indonesia dengan penuh keyakinan memasuki persaingan di pasar dunia, dalam AFTA maupun WTO.
***

Salah satu makalah dalam simposium itu mengungkapkan, bahwa upaya memacu pertumbuhan bukan kerja mudah bagi Indonesia, setelah ekonomi Indonesia terpuruk pada tahun 1997-1998. Pemerintahan Gus Dur mewarisi kehancuran perekonomian dan kekacauan moral masyarakat. Beberapa kali usaha pemerintah menghapus subsidi BBM dan listrik ditentang masyarakat. Tarif listrik berhasil dinaikkan pertengahan tahun 2000, tapi kenaikan harga BBM ditunda.

Masalah terberat adalah masalah beras dan gula. Mengapa produk Indonesia lebih mahal daripada produk Thailand, India, dan Vietnam, padahal produk luar negeri harus dibebani ongkos angkut, pergudangan, dan biaya masuk sebesar 25%. Ahli-ahli pertanian menyempurnakan cara berproduksi beras dan gula, dan pada tahun 2003 kedua produk itu mampu bersaing kembali, meskipun masih untuk pasar dalam negeri.

Upaya pemulihan ekonomi Indonesia masa Gus Dur sangat tidak mulus karena diganggu oleh ketegangan di lingkungan elite politik. Hampir setiap Sidang Umum Tahunan MPR kursi kepresidenan Gus Dur terancam. Sebagian besar energi elit politik dipakai untuk bertikai. Masyarakat –khususnya golongan professional dan pekerja- merasa jenuh dan jemu menyaksikan perdebatan politik. Mereka mengubah orientasinya, daripada menyalahkan pemerintah, lebih baik melakukan upaya mandiri memperbaiki keadaan ekonominya. Kebijakan pemerintah dianggap memadai asal tidak mengganggu aktivitas ekonomi masyarakat. Banyak asset yang tidur pada saat krisis ekonomi menghantam pada tahun 1998, awal tahun 2003 mulai bergerak lagi, dan di akhir 2005 sudah full capacity. Bersamaan dengan pendayagunaan asset tidur, investasi baru berdatangan pada tahun 2002, dan mulai dilaksanakan pada pertengahan 2003.
***

“Gambaran yang disampaikan para pembicara terdahulu, adalah gambaran manis tentang Indonesia,” kata Emmy Cahyono, peneliti ekonomi independen, dalam simposium itu. “Sesungguhnya potret ekonomi Indonesia tahun 2010 masih menyakitkan. Masyarakat yang diwakili ornop, organisasi kemasyarakatan, dan terutama masyarakat adat, sampai saat ini masih belum puas.” Ketimpangan antara kaya dan miskin masih lebar, terjadi penumpukan kekayaan pada segelitintir orang. Otonomi Daerah belum terlaksana dengan baik. Sumber daya alam dikuras tanpa memperhatikan kelestariannya. Hukum adat belum diterapkan di daerah masing-masing sepenuhnya, karena sebagian besar dalam proses dijadikan hukum positif oleh DPRD dan Pemerintah Daerah.

Emmy mengungkapkan, ekonomi Indonesia memang tumbuh, tapi menumpuk pada segelintir “konglomerat baru”. Sesungguhnya mereka adalah konglomerat lama pada masa Orde Baru yang memakai “baju baru”, yaitu dengan membeli perusahaan kecil di luar negeri. Grup perusahaan mereka “hancur” dan berada dalam penanganan BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional). Sebagaimana kebiasaan Orde Baru yang memark-up nilai barang, demikian pula para konglomerat itu menghargai perusahaannya. Suatu perusahaan yang berharga 100, sebenarnya hanya 30, dan setelah tidak beroperasi akibat krisis ekonomi, oleh BPPN, perusahaan itu dihargai 10. Ketika BPPN menjual perusahaan-perusahaan yang berada di bawah penanganannya dengan harga yang murah, yaitu sekitar 10% dari nilai semasa Orde Baru, datanglah “konglomerat baru” dari luar negeri yang memborongnya. Walaupun sudah banting harga dan upaya lainnya, BPPN tetap gagal menepati batas waktunya, yaitu tahun 2004, sehingga perlu diperpanjang sampai 2006. Kegagalan BPPN itu disebabkan banyak hal, tapi yang menonjol dua hal, yaitu keamanan dan kelambatan DPR memberikan jalan pemecahan. Keadaan itu sangat mengecewakan masyarakat, ternyata ikhtiar mencapai pertumbuhan bergeser menjadi penumpukan kekayaan pada orang yang itu-itu juga.

Upaya pemerintahan Gus Dur untuk mengadili para koruptor Orde Baru, yaitu mantan Presiden Suharto, anak-anaknya, dan kroni-kroninya, tidak memuaskan masyarakat. Hampir semua koruptor lolos dari jeratan hukum. Dari penelitian para pengamat hukum, pengadilan para koruptor itu gagal karena hampir semua undang-undang yang dibuat semasa Orde Baru memberi kesempatan tindak korupsi. Kegagalan itu juga disebabkan oleh mafia peradilan. Terkadang jaksa dibayar untuk mengajukan tuntutan yang lemah, terkadang hakim dibeli untuk memenangkan koruptor.
***

Emmy Cahyono mengungkapkan, kekuatan ornop, mahasiswa dan ormas lainnya sebagai kekuatan reformis, berhadapan dengan LSM jadi-jadian, yang lahir dan hidup dari proyek ke proyek, atau bahkan dibayar untuk menyuarakan kepentingan sisa-sisa Orde Baru. Sisa-sisa Orde Baru sering menggunakan tema “Menggusur Gus Dur dengan Menggempur Rupiah”, dan sebagian lagi mencetak uang palsu. Kekuatan reformis terus bergulat, dengan menggunakan dua ujung tombak, yaitu mendorong tumbuhnya pers alternatif di kota-kota besar dan pers lokal di tiap-tiap kabupaten, serta class action dengan mengandalkan pengadilan.

Seringkali mereka “babak belur” dalam persidangan di pengadilan. Dengan bantuan radio/koran lokal mereka maju terus membongkar kasus ketidakadilan. Mereka tak bisa mengandalkan televisi swasta yang dimiliki keluarga mantan Presiden Soeharto, yang menjadi corong kekuatan Orde Baru untuk menghambat proses reformasi.

Sedangkan kelompok radikal memilih unjuk rasa. Hampir setiap hari, di setiap kota, terjadi demonstrasi yang menggugat masalah KKN. Mereka sering dilawan kelompok massa yang diduga dibayar para koruptor. Bersamaan dengan itu mereka mendorong penyempurnaan isi perundangan untuk memulai penegakan supremasi hukum, membasmi mafia peradilan dan membangun budaya hukum. Satu demi satu undang-undang disempurnakan. Tekanan universitas, ornop dan media alternatif memaksa para elit politik mengganti para penegak hukum yang ada, dengan yang lebih bersih dan mempunyai komitmen tinggi untuk menegakkan supremasi hukum.
***

Masalah lain yang dihadapi Gus Dur adalah separatisme. Aceh dan Papua menyatakan kemerdekaannya. Pemerintah pusat menolaknya, dan menawarkan otonomi daerah seluas-luasnya. Pemerintah bertekad melakukan desentralisasi secara bertahap melalui otonomi daerah, dan memberdayakan peranan masyarakat.

Prof. Dr. Darrussalam dari Universitas Lampung mengungkapkan, Indonesia berhasil menuntaskan otonomi daerah pada tahun 2009, sehingga pemerintah pusat hanya memegang residual power, yaitu pertahanan, politik luar negeri, dan moneter. Negara kesatuan tetap dipertahankan untuk menghindari perpecahan, tapi nyaris semua unsur federalisme diterapkan.

Rakyat khawatir, jika Indonesia pecah seperti sebelum dijajah Belanda, maka banjir darah akan terjadi akibat perang antar negara baru. Jawa mungkin retak menjadi beberapa negara. Orang segera teringat konflik Pajajaran melawan Majapahit, Mataram di pedalaman Jawa Tengah melawan pedagang pesirir utara Jawa. “Cukuplah sudah korban di Maluku, Poso, Aceh dan daerah lain,” kata Darrussalam, “Ketakutan akan pertumpahan darah akibat Balkanisasi di Indonesia itulah yang mendorong partai-partai politik melaksanakan otonomi daerah sesuai UU No.22/1999 dan UU No.25/1999. Semua orang sadar, kedua undang-undang itu kurang sempurna, tetapi penundaan otonomi daerah dapat mendorong disintegrasi bangsa. Daerah-daerah memilih pelaksanaan otonomi daerah secepatnya dan disempurnakan sambil berjalan.”

Periode 2001-2003 merupakan masa transisi yang kritis, para cendekiawan dan budayawan menggaris-bawahi, masalah daerah bukan hanya masalah pembagian uang dan wewenang, tetapi lebih dalam lagi, yaitu menyangkut budaya, adat, dan masalah tanah. Beberapa tokoh mengambil inisiatif menyelenggarakan Kongres Budaya Nusantara secara bertahap dalam bentuk Kongres Budaya Regional. Hasil terpenting dari rangkaian Kongres Budaya Regional itu adalah kehendak untuk membakukan hukum adat menjadi hukum positif di daerah masing-masing, semacam Peraturan Daerah, dan merumuskan hubungan hukum adat itu dengan hukum nasional. Masalah yang paling rumit adalah masalah pertanahan. Dengan munculnya hukum adat, maka peraturan pertanahan di tiap daerah berbeda-beda. Proses dialog itu, tutur Darrussalam, diperkirakan akan terus berlangsung pada tahun 2010-2020, sesuai dengan perkembangan aspirasi masyarakat.

Di sisi lain kondisi perempuan diperbaiki. Tuntutan aktivis perempuan diakomodasi oleh pemerintah dalam bentuk produk peraturan perundangan yang sensitif terhadap perempuan serta mengadakan upaya penyadaran pada aparat penegaknya. Kadangkala upaya itu mendapat tantangan dari kelompok-kelompok yang mendapat dukungan elit dengan mengatasnamakan agama.
***

Sementara itu, Prof. Dr. Wangsanegara, SH dari Mataram, Lombok, mengungkapkan bahwa yang menyelamatkan Indonesia saat ini adalah semangat demokrasi. “Dalam sepuluh tahun terakhir,” kata pakar hukum itu, “bersamaan dengan upaya penegakan supremasi hukum dan perbaikan ekonomi, MPR RI meletakkan landasan kehidupan demokrasi dengan mengubah UUD 1945, yaitu menghilangkan pemusatan kekuasaan pada presiden, dan memasukkan perlindungan hak asasi manusia. Bahkan pasal 28 UUD 1945 diubah, kemerdekaan pers dijamin konstitusi, sehingga pers berfungsi sebagai pilar ke empat dalam menegakkan negara. MPR RI juga menetapkan pemilihan Presiden, Wakil Presiden, Gubernur, Bupati, dan Walikota secara langsung.” TNI menjadi tentara professional, dan berfungsi sebagai pertahanan negara, sehingga sejak 2004 tidak ada lagi Fraksi TNI dan Polri dalam lembaga legislatif. Sedangkan lembaga legislatif pun mengalami perubahan mendasar. MPR ditiadakan, lembaga legislatif menjadi dua kamar, yaitu Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang anggotanya terdiri atas wakil-wakil daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang anggotanya terdiri atas wakil-wakil partai politik. Anggota DPD dan DPR dipilih melalui pemilu dengan sistem distrik.

Dengan landasan demokrasi itu, tokoh-tokoh politik didorong menggunakan dialog dalam gedung perwakilan atau dalam diskusi umum dalam menyelesaikan konflik. Namun karena dialog itu memerlukan waktu, terkadang orang tidak sabar, sehingga terjadi konflik fisik dalam masyarakat. Ketegangan antara pusat dan daerah tidak pernah reda, bahkan diperkirakan akan berlanjut pada tahun 2010-2020.

Pemerintah dan para politisi berusaha sekuat tenaga menangani pelanggaran hak asasi manusia, terutama di Aceh, Maluku, dan Papua, tetapi upaya itu memakan waktu yang lama. Banyak keputusan pengadilan yang tidak memuaskan masyarakat, sehingga proses peradilan dianggap sebagai sandiwara. Luka-luka pelanggaran HAM masih terasa menyakitkan tahun 2010, dan jika tidak ditangani secara hati-hati, maka konflik horisontal akan semakin parah, bahkan sulit disembuhkan lagi. Salah satu ikhtiar untuk menyelamatkan Indonesia dari disintegrasi adalah pemberlakukan hukum Islam di Aceh, tahun 2003. Praktek pelaksanaan hukum Islam ini memuaskan GAM, dan pada tahun 2004 semua anggota GAM diintegrasikan ke dalam TNI atau Polri. Papua pun mengurungkan niatnya untuk memisahkan diri, karena Gus Dur tidak jadi digusur, dan mengundurkan diri dari percaturan politik setelah masa jabatannya berakhir.
***

Simposium Banjarmasin menghasilkan retrospeksi dekade pertama abad 21 di Indonesia, dan menjadi salah satu acuan dasar untuk menuju dekade berikutnya. Dr. Muhammad Antasari, Ketua Panitia Pengarah, menyimpulkan bahwa keadaan masih merisaukan. “Kita harus hati-hati, kelalaian dalam penegakan keadilan akan bisa merusak kehidupan kita semua. Ketegangan sosial masih tinggi, penumpukan kekayaan di segelintir orang masih terjadi. Keadilan hanya bisa ditegakkan dengan supremasi hukum dan kemerdekaan memperoleh informasi.”

"Di mata dunia," kata Antasari, "peradilan Indonesia dianggap panggung sandiwara yang meloloskan koruptor dari jeratan hukum. Rakyat yang kecewa seringkali melakukan pengadilan rakyat. Adili koruptor dan pelanggar HAM, hukum mereka dengan hukuman setimpal, jika Indonesia ingin tetap ada di muka bumi ini.”
***



SKENARIO 4
Lambat Tapi Selamat


Kehendak untuk bersepakat secara nasional muncul seperti tak terduga. Kekerasan mereda. Keadilan menjadi landasan untuk menyelesaikan konflik. Pertumbuhan ekonomi tidak menyolok, tetapi pemerataan berlangsung sampai ke daerah-daerah. Rupiah masih lemah, sekalipun cukup stabil. Di antara itu semua, hal yang paling nyata adalah negara tidak mengambil alih urusan yang dapat dilakukan masyarakat. Negara hanya mendukung dan melengkapkan usaha masyarakat untuk menjamin prasyarat kehidupan yang tenteram.

Brebes, Jawa Tengah, Juli 2012.

"Selesai juga pekerjaan kita," kata Sutan Munaf sambil memasuki ruang pertemuan di kantornya yang sederhana. Beberapa anggota organisasi non-pemerintah (ornop) "Petani Mandiri” sedang berbincang-bincang dengan petani untuk membicarakan persiapan rapat anggota koperasi bawang dan cabe. Mereka menunggu hasil analisis data yang dikerjakan Munaf.

“Setelah ada pusat data supply & demand untuk pertanian,” kata Munaf, “Petani tidak lagi seperti berjudi. Tidak ada gejolak harga yang mengerikan. Dulu mereka bisa kaya mendadak, atau miskin mendadak. Begitu mereka jatuh miskin karena harga-harga jatuh, lintah darat datang menerkam."

"Dengan data itu petani bisa mengatur produksinya dan melakukan peragaman pertanian. Apalagi berbagai jenis bibit unggul sekarang bisa diperoleh dengan harga murah di lembaga-lembaga pengembangan di mana-mana. Petani tidak lagi bergantung kepada satu lembaga tunggal seperti Bulog," sambung Surti, petani cabe dari desa Sumowono, Ambarawa.

Semua bentuk monopoli sudah dihapuskan sejak tahun 2001. Pemerintah juga menerima desakan ribuan petani, peneliti, dosen, aktivis organisasi non pemerintah, dan mahasiswa, untuk menaikkan anggaran penelitian di bidang pertanian.

Munaf ingat, mereka berhasil meminta pemerintah agar memberi proteksi untuk beras dan gula, serta memberikan subsidi BBM untuk angkutan umum. Mereka bukan menolak persaingan bebas, tetapi harga beras dan gula impor yang jauh lebih murah daripada harga lokal, mematikan pendapatan petani. Waktu itu Presiden Gus Dur sempat menganjurkan agar petani tebu beralih dulu ke tanaman lain.

Sesuai perencanaan, para peneliti memerlukan dua tahun sebelum dapat memastikan bahwa penelitian atas bibit yang lebih baik, pupuk yang lebih murah, dan rangkaian produksi yang lebih efisien, bisa berhasil. Selama dua tahun itulah pemerintah diharapkan memberikan bantuan melalui kebijakan proteksi, sekaligus meningkatkan anggaran penelitian.

Negara-negara asing mengecam kebijakan proteksi, dan meminta Indonesia membuka pasarnya secara penuh. Namun, dengan membaiknya situasi keamanan serta munculnya kepastian hukum, Indonesia berhasil untuk menarik investor asing. Kepercayaan dunia luar tumbuh kembali. Ketika pemerintah mencabut proteksi tebu dan gula, serta subsidi BBM pada tahun 2004, Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) sudah berhasil menyelesaikan restrukturisasi perbankan, sesuai dengan mandat yang ditetapkan IMF (International Monetery Fund).

BPPN bisa menyelesaikan tugasnya karena ada kesepakatan politik dari semua pihak untuk melepaskan diri dari tekanan IMF. Desakan masyarakat dan pers amat besar, sehingga para politikus tidak bisa memanfaatkan persoalan penanganan utang itu sebagai gelanggang baru politik mereka. Pengampunan utang yang diberikan kepada beberapa pihak swasta memang sempat menimbulkan banyak perdebatan, tetapi dengan penanganan yang terbuka dan adil, masyarakat akhirnya menerima kebijakan itu.

Waktu itu tidak terbayangkan oleh Munaf, bahwa universitas serta lembaga penelitian dan pengembangan di daerah bisa tumbuh, bahkan menjadi pusat keunggulan.

Universitas Pattimura di Ambon sekarang merupakan salah satu pusat pengkajian kelautan untuk Indonesia Timur. Di sana juga berdiri pusat pengembangan budaya yang menggali sejarah dan jati diri masyarakat Maluku. Sepuluh tahun yang lalu, pertikaian berdarah antara kelompok Muslim dan Kristen di Maluku menyebabkan universitas ini hancur. Ribuan orang menjadi korban; ratusan ribu lainnya terpaksa mengungsi ke pulau-pulau di sekitarnya.

Setiap hari televisi dan media cetak memuat berita kekerasan, kasus korupsi yang membuat mata membelalak, atau komentar pejabat dan tokoh politik. Di Jakarta Selatan, masa membakar tubuh pencuri motor; di Aceh, tentara menembak orang sipil yang dituduh anggota GAM; di pemerintahan, kebocoran anggaran mencapai 200 trilyun rupiah dalam setahun terakhir ini.
***

"Aduh, aku mual mendengar berita," kata Bibi Romlah. Munaf tidak kaget lagi melihat bibinya berlari ke kamar sambil memegangi perut. "Bapak-bapak politik itu berbuat apa pula? Lihat, anak-anak kurang makan, tidak bisa sekolah, rumahnya hancur, orang tuanya dibunuh…."

Munaf justru terkejut waktu Bibi Romlah pamit ke suaminya, untuk pergi ke Palembang. "Ikut perayaan hari Ibu," katanya, "Ramai-ramai rombongan pengajian." Bibi Romlah belum pernah meninggalkan Ogan Komering, Sumatera Selatan. Namun ia lebih kaget lagi ketika tiga hari kemudian mendengar bahwa bibinya ikut demonstrasi. Ada ribuan ibu dan anak-anak mendatangi gedung DPRD di kota Palembang. Dari berita televisi, Munaf tahu bahwa aksi ibu-anak itu berlangsung serempak di kota-kota besar di Indonesia. Di Jakarta, mereka mendatangi kantor-kantor pejabat pemerintah dan partai-partai politik.

"Anak kami meninggal ditembak. Kalaupun upaya kami untuk memperoleh keadilan belum berhasil, paling sedikit tidak ada lagi korban jatuh," seorang ibu berkata dengan mata berkaca-kaca. Ia mendekap foto anak laki-laki satu-satunya yang mati ditembak dalam tragedi Semanggi 1998.

Di Surabaya, Mataram, dan Medan, aksi itu dihalau dengan kekerasan. Beberapa ibu dibawa ke rumah sakit karena pingsan; sebagian akibat dorongan aparat, sebagian lagi akibat kepanasan. Keesokan harinya, sebagai protes terhadap tindak kekerasan aparat, lebih banyak lagi perempuan dan anak-anak turun ke jalan. Para pemuka agama datang bergabung dan memimpin doa bergantian. Demikian seterusnya selama 6 hari.

Selama enam hari tersebut pers nasional dan internasional memuat berita itu besar-besaran. Pers menilai peristiwa itu sebagai tantangan untuk para elit politik, agar menunjukkan jati diri sebagai pemimpin. Kapolri meminta maaf. Agamawan, tokoh adat, dan tokoh partai mulai berdialog. Beberapa aktivis ornop mengingatkan, bahwa persoalan terberat untuk Indonesia adalah masalah keadilan dan penghormatan terhadap marbatat kemanusiaan, oleh karena itu segala sesuatu harus diukur dari kemaslahatan manusia.

"Indonesia lahir bukan karena ada suku bernama Indonesia," tutur seorang guru perempuan dari Yogyakarta, dalam sebuah dialog yang juga dihadiri Munaf. "Indonesia lahir karena ada kehendak dari berbagai daerah, suku, agama, dan asal usul, untuk bersama-sama membebaskan diri dari penderitaan akibat penindasan penjajah. Jika kini persatuan ini membahayakan keselamatan manusia, masih perlulah dipertahankan? Sebaliknya, jika perpecahan ternyata menjatuhkan lebih banyak lagi korban, kita harus bisa mencari jalan untuk berdamai."

Rakyat bosan mendengar kericuhan politik. Jawaban Gus Dur atas interpelasi DPR mengenai diberhentikannya dua menteri, dinilai tidak memuaskan. Akan tetapi, mereka menerima permintaan maaf Gus Dur. Sementara itu, tersiar kabar bahwa persediaan BBM di seluruh Indonesia hanya tinggal untuk sepuluh hari. Sebuah koran ibukota membuat angket. Hasilnya, rakyat menghendaki para pemimpin mengubah cara memandang dan menyelesaikan persoalan.
***

Munaf tersenyum.

Entah karena dipicu oleh aksi ibu dan anak itu, atau bukan, para elit politik memutuskan untuk berdialog sampai ke daerah-daerah. Mereka akhirnya berpegang ke sebuah kesepakatan, bahwa satu-satunya alasan bagi kehadiran sebuah negara adalah kepentingan umum. Karena itu, negara mempunyai arti sejauh berguna untuk masyarakat, karena negara bukan perusahaan yang bertugas menguntungkan para pengurusnya, .

Dalam dialog, muncul banyak ketegangan menyangkut UU No.22/1999 dan No.25/1999 tentang otonomi. Pemerintah daerah dan banyak ornop mempermasalahkan sikap mendua pemerintah dalam memberikan wewenang. Lepas dari itu, semua pihak sepakat untuk segera memberlakukan UU ini, sambil melakukan revisi secepatnya. Pemerintah pusat hanya menangani pertahanan, politik luar negeri, dan moneter. Peran teritorial TNI dan Polri dikurangi; Babinsa, Ratih serta Kamra dihapuskan. Sekalipun demikian, baru pada 2007 TNI sepenuhnya kembali ke fungsi pertahanan.

Setahun sejak otonomi diberlakukan itulah, Munaf dan teman-temannya memutuskan pindah ke Brebes. Di sana mereka yakin akan bisa bekerja lebih efisien dan efektif karena dekat dengan petani. Banyak ornop dari kota-kota lain memilih bergabung dengan mitra kerja mereka di daerah, dan pemerintah daerah mengundang banyak tenaga ahli. Universitas Tanjungpura di Kalimantan Barat misalnya, menandatangi kesepakatan kemitraan pengembangan keahlian dengan Universitas Teknologi Toyohashi di Jepang. Sesuai rencana, pada tahun 2003 pemda Kalimantan Timur mengalokasikan penghasilan minyak dan gas bumi untuk beasiswa bagi mahasiswa dari daerah lain yang ingin memperdalam bidang kehutanan. Putera-puteri Kaltim pun tidak perlu ke Jawa untuk melanjutkan pendidikan.

Penerapan otonomi daerah dan desentralisasi ini jualah yang ikut menyelamatkan Indonesia dari kehancuran. Untuk masyarakat daerah, otonomi dilihat sebagai komitmen pemerintah dalam mewujudkan keadilan dan memberikan kepastian pengelolaan sumberdaya alam. Dengan otonomi, daerah dapat mengindentifikasi persoalannya sendiri dan merumuskan pemecahannya. Kalau tidak ada otonomi, nelayan Pantai Utara Jawa dan pantai Timur Sumatera mungkin belum berhasil mengembangkan budidaya maritim pada tahun 2007. Padahal budidaya itulah yang mengurangi ketergantungan nelayan terhadap penangkapan ikan di laut lepas.

Ketika hak adat dan ulayat masyarakat juga mendapatkan pengakuan, lembaga-lembaga adat ternyata dapat berperan untuk mengaktifkan pelestarian lingkungan. Di Maluku, misalnya, budaya Sasi mengatur pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Daerah berkembang lebih cepat setelah ada perampingan birokrasi. Sementara penguatan sarana infrastruktur komunikasi dan perhubungan, termasuk membuka pelabuhan-pelabuhan besar, memperlancar lalu lintas ekspor. Perusahaan multinasional mulai membuka cabang di daerah-daerah. Pariwisata berkembang dengan sendirinya. Perkembangan ini menyebabkan kebutuhan energi di daerah meningkat. Beberapa daerah mendirikan pusat pengkajian dan pemanfaatan energi alternatif seperti tenaga air dan panas bumi. Dengan perbaikan tata niaga dan risiko eksplorasi, energi panas bumi menjadi lebih kompetitif. Pemerintah mengeluarkan kebijakan penggunaan komponen lokal sebanyak mungkin di dalam pengembangannya, dan pajak yang diperoleh dari panas bumi dikembalikan untuk membiayai pengembangan itu.

Mulanya, otonomi memunculkan "aji mumpung." Banyak bupati berkolusi dengan anggota DPRD untuk mengambil keuntungan dari proyek-proyek daerah. Namun pers semakin cermat menuliskan setiap bentuk penyalahgunaan jabatan. Dengan mendirikan berbagai lembaga mandiri seperti "pengawas pemerintah," gerakan konsumen", masyarakat ikut membongkar struktur ketidakadilan yang ada dalam hubungan-hubungan kekuasaan. Tuntutan untuk mereformasi UU agraria, misalnya, mengubah alokasi pembagian aset, sehingga kemunculan raja-raja kecil daerah dapat dicegah
***

Dialog yang paling alot berlangsung antara pemerintah dan daerah konflik seperti Aceh, Papua Barat, dan Riau. Untuk orang Aceh dan Papua, masalahnya bukan semata-mata terletak dalam otonomi khusus. Mereka tidak memerlukan penyelesaian yang sekadar "mengurangi keresahan," melainkan penyelesaian yang didasarkan atas prinsip penghormatan terhadap hak serta sejarah masyarakat. Selama perundingan berlangsung, pemerintah menyiapkan perangkat yang diperlukan bagi penyelesaian pelanggaran HAM. Termasuk di antaranya adalah UU Pengadilan HAM, serta UU perlindungan saksi dan korban. Masyarakat dan pemerintah juga menyiapkan kemungkinan untuk pembentukan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi. Perwakilan korban ikut mengusulkan, siapa yang akan duduk di dalam komisi itu. Banyak ornop dan lembaga keagamaan menyiapkan rumah pemulihan untuk korban, khususnya perempuan dan anak-anak.

Munaf ingat, itulah awal mula ia setiap hari membaca di koran, mendengar di radio, atau menonton di televisi, cerita-cerita pengakuan dari para korban tentang kekerasan yang mereka alami. Ada banyak sekali proses pengadilan, sekalipun lebih banyak kasus yang tidak bisa sampai ke pengadilan, karena berbagai alasan. Sampai saat ini, proses penyelesaian hukum untuk berbagai kasus pelanggaran HAM di masa lampau itu, masih berlangsung. Sedangkan penyelesaian politiknya sudah selesai pada akhir tahun 2002.
***

Sesudah Gus Dur turun dari kursi kepresidenan, pemerintah yang baru menerapkan kebijakan pemerataan ekonomi. Ketika otonomi mulai diterapkan, masyarakat mendesak agar pemerintah tetap membuat kebijakan nasional yang menjamin kemudahan untuk pengembangan usaha kecil. Pembangunan daerah lewat otonomi berhasil membuka akses pasar karena sarana transportasi dan informasi tersedia sampai ke desa-desa. Ini diikuti dengan kebijakan bahwa Bank tidak lagi memberikan pinjaman modal semata-mata atas dasar adanya jaminan. Pinjaman diberikan atas dasar kelayakan usaha.

Teman-teman Munaf dari ornop dan lembaga pengembangan mandiri kerap menerima permintaan informasi mengenai pengelolaan usaha yang bertanggung jawab. Mereka yakin, kebijakan pemerataan ekonomi merupakan jalan untuk menghilangkan kemiskinan dan mengusahakan keadilan sosial. Bagaimanapun Munaf dan teman-temannya itu tahu, bahwa keadilan sosial hanya tercapai kalau elit yang berkuasa mau membuka monopoli atas kekuasaannya secara demokratis.

Pemilu 2004 terselenggara melalui sistem distrik. Presiden dan Wakilnya juga dipilih langsung oleh rakyat. Melalui sistem distrik, oligarki DPP (Dewan Pimpinan Pusat) partai dihilangkan. Seseorang menjadi tokoh bukan karena kedekatannya dengan ketua partai ataupun posisi strategis lainnya, melainkan karena kedekatannya dengan rakyat dan karena kerja kerasnya. Kini sudah banyak tokoh perempuan bermunculan dari daerah. Pada mulanya, banyak pihak mencoba memakai ajaran agama dan adat istiadat untuk mempengaruhi masyarakat.

UUD 1945 mengalami perubahan besar dengan membuat pemisahan kekuasaan yang tegas. MPR tidak ada lagi; sebagai gantinya ada Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah. Kekuasaan presiden dibatasi, dan hak asasi manusia dijamin di dalam konstitusi, begitu pula kemerdekaan pers.
***

Pintu diketuk, seorang relawan masuk dan memberikan kiriman buku berjudul “Perkembangan Perekonomian Indonesia 2000-2010” yang disusun oleh sebuah lembaga penelitian ekonomi. Kebijakan pemerataan ekonomi tidak berjalan lancar antara tahun 2000 dan 2002. Dibandingkan Malaysia, Thailand, dan Korea Selatan, pertumbuhan ekonomi Indonesia ternyata paling rendah. Ada banyak alasan dan isu yang menyebabkan itu terjadi, mulai dari gerilya ekonomi menggempur rupiah di pasar uang, para spekulan berulah agar pasar tidak stabil supaya meraih keuntungan, rentetan debat politik, sampai kenaikan suku bunga berdasarkan ketentuan Federal Reserve Bank Amerika Serikat.

Namun masyarakat tidak terlalu kecil hati karena indikator perdagangan cukup baik. Ekspor membesar, terutama untuk produk pertanian, dalam bentuk mentah maupun olahan. Masyarakat menyaksikan bahwa kebijakan pemerataan yang tidak semata-mata bersifat ideologis, secara perlahan-lahan meningkatkan kondisi perekonomian negara. Apalagi, sejak 2005, negara hanya memainkan peran yang menunjang usaha masyarakat, tetapi bukan mencampuri segala urusan masyarakat atau mengurusi segala sesuatu. Negara tidak mengambil alih urusan yang dapat dilakukan masyarakat, dan masyarakat tidak mengambil alih urusan yang dapat dilakukan oleh anggota-anggotanya.

Semua perubahan politik yang mendasar itu memungkinkan reformasi di bidang hukum berjalan dengan baik. Hukum kembali ke nilai-nilai dasarnya, yaitu kesamaan, kebebasan, dan solidaritas. Semua pihak sepakat bahwa kesamaan berarti segenap anggota masyarakat diperlakukan berdasarkan kriteria yang berlaku untuk semua; kebebasan berarti hukum menjamin setiap orang atau kelompok untuk mengurus diri sendiri tanpa paksaan dari pihak yang tidak berhak; dan solidaritas berarti negara menjadi wadah tempat masyarakat hidup senasib sepenanggungan dan saling bertanggung jawab.

Dengan alasan itu, pemerintah didesak untuk mencabut semua produk hukum yang tidak peka terhadap perempuan, dan golongan tertentu yang merasa telah ditempatkan di dalam politik Indonesia sebagai kelompok minoritas.
***

Gema Adzan Isya terdengar dari mesjid di belakang kantor. Munaf bergegas membereskan kertas-kertas di atas mejanya, yang bercampur baur dengan kliping koran dan majalah. Ia baru saja pindah ruangan. Tiba-tiba matanya bertumbukkan dengan sebuah judul di halaman pertama surat kabar "Suara Rakyat". Di situ tertulis, "Setelah diadili dan terbukti bersalah, Presiden Gus Dur akan memberikan amnesti kepada mantan presiden RI, Suharto," di bawahnya terlihat sub judul, "Mahasiswa meminta penjelasan." Munaf termenung sejenak memandang judul itu. Ia menumpukkan berita bulan Juli 2001 tersebut bersama berkas-berkas lainnya.
****

Jakarta, Akhir Tahun 1998

24 komentar:

  1. Anda perlu mendesak pinjaman kredit keuangan? * Sangat cepat dan cepat transfer ke rekening bank Anda * Pelunasan dimulai delapan bulan setelah uang suku bunga keseimbangan * bank Anda ke 2% * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) * Panjang kondisi pinjaman dan pembayaran fleksibel Bulanan * Pertandingan - mendapatkan persetujuan - akun mana jumlah pinjaman mendapatkan persetujuan dalam 10 menit, silahkan hubungi kami melalui e-mail REQUEST pinjaman Theresaloancompany@gmail.com == ================= == ========== =
    Nama: ...................
    Nama kedua: ..................
    Kontak Alamat: .................
    Nation: ...................
    Umur: ..........................
    Sex: ....................
    Nomor telepon: ..............
    Negara: .................
    Pekerjaan: ...............
    Posisi: .................
    Penghasilan bulanan: ..............
    Jumlah pinjaman: .................
    Tujuan pinjaman: ...............
    Durasi: ....................
    Anda toegepast untuk pinjaman sebelum: ............
    Anda berada di bawah Inglese: ..........
    Lengkapi dan mengembalikan formulir ke: Email Theresa Pinjaman Company@gmail.com Hormat,

    BalasHapus
  2. Anda perlu mendesak pinjaman kredit keuangan? * Sangat cepat dan cepat transfer ke rekening bank Anda * Pelunasan dimulai delapan bulan setelah uang suku bunga keseimbangan * bank Anda ke 2% * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) * Panjang kondisi pinjaman dan pembayaran fleksibel Bulanan * Pertandingan - mendapatkan persetujuan - akun mana jumlah pinjaman mendapatkan persetujuan dalam 10 menit, silahkan hubungi kami melalui e-mail REQUEST pinjaman Theresaloancompany@gmail.com == ================= == ========== =
    Nama: ...................
    Nama kedua: ..................
    Kontak Alamat: .................
    Nation: ...................
    Umur: ..........................
    Sex: ....................
    Nomor telepon: ..............
    Negara: .................
    Pekerjaan: ...............
    Posisi: .................
    Penghasilan bulanan: ..............
    Jumlah pinjaman: .................
    Tujuan pinjaman: ...............
    Durasi: ....................
    Anda toegepast untuk pinjaman sebelum: ............
    Anda berada di bawah Inglese: ..........
    Lengkapi dan mengembalikan formulir ke: Email Theresa Pinjaman Company@gmail.com Hormat,

    BalasHapus
  3. Halo semua, saya fatma dari Indonesia menyenangkan aku saran Anda semua di sini tidak untuk mengajukan pinjaman di setiap perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, orang-orang ini di sini adalah palsu, penipu dan penipuan, bahkan beberapa kesaksian di sini adalah semua palsu mereka orang yang sama yang melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh sebuah tertipu atau menipu sesama Indonesia, saya ditipu empat kali sekitar Rp200 juta untuk biaya pendaftaran, transferfee, biaya pajak dan biaya asuransi, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya membayar lagi dan lagi, itu akan menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak ada undang-undang keuangan atau aturan untuk biaya ini dalam memperoleh pinjaman dari bank, pemberi pinjaman atau perusahaan selain Allah bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman dari perusahaan yang seorang teman saya yang memperkenalkan saya untuk perusahaan pinjaman nyata dan dapat diandalkan, (THERESALOANCOMPANY), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan ditipu, jadi jika Anda membutuhkan kredit yang lebih baik pergi ke perusahaan di (Theresaloancompany ) atau jika Anda memiliki teman-teman dan memberitahu mereka untuk membantu Anda untuk menghubungi mereka untuk pinjaman, oke, Anda bisa mendapatkan yang sangat sederhana untuk mendapatkan serendah 2% dari pinjaman tanpa agunan atau penjamin. Ini adalah email mereka (Theresaloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi mereka dengan aplikasi Anda baik-baik saja dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam, Genuine cepat dan saya harus membantu penipuan negara saya, email saya adalah (Feyzilfatma @ gmail. com) hubungi saya untuk info lebih lanjut, saya siap untuk membantu Tuhan memberkati Anda CATATAN all.PLEASE. NO BIAYA PENDAFTARAN, NO BIAYA TRANSFER, biaya NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) pemberi pinjaman real atau perusahaan tidak mengumpulkan charges.Allah ini memberkati kita TRANSFER BIAYA, BIAYA NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) Lender nyata Perusahaan ATAU TIDAK mengumpulkan penutup biaya Singer .

    BalasHapus
  4. Halo, aku Mrs. Stella Alex pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Perusahaan kami memberikan pinjaman pada tingkat rendah 2%. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Layanan ini akan memberikan baik perorangan, perusahaan, bisnis pria dan wanita. Namun, peluang keuangan pada langkah pintu Anda, jadi hubungi kami hari ini via email di: stellaalexloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  5. Halo, aku Mrs. Stella Alex pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Perusahaan kami memberikan pinjaman pada tingkat rendah 2%. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Layanan ini akan memberikan baik perorangan, perusahaan, bisnis pria dan wanita. Namun, peluang keuangan pada langkah pintu Anda, jadi hubungi kami hari ini via email di: stellaalexloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  6. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  7. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  8. Halo, semua orang, silakan, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian saya bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan dengan seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan keuangan kesulitan,

     Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online adalah legit kredit dan tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke teman saya untuk saran tentang cara untuk mendapatkan pinjaman online, kami berbicara tentang hal itu dan kesimpulan kita bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. Theresa yang merupakan CEO dari Theresa Loan.Company

     Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman (800 juta) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah 800 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit asli saya, yang bisa memberikan keinginan hati saya.

    Banyak terima kasih kepada Ibu Theresa untuk membuat hidup yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ms. Theresa melalui e-mail Theresaloancompany@gmail.com untuk informasi lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi terima kasih banyak untuk Anda mengambil waktu Anda untuk membaca tentang keberhasilan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Aku bernama martini, Anda dapat menghubungi saya untuk lebih banyak arahan melalui email saya: martinimarais1986@gmail.com atau fatma melalui feyzilfatma@gmail.com. Terima kasih

    BalasHapus
  9. Halo, semua orang, silakan, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian saya bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan dengan seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan keuangan kesulitan,

     Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online adalah legit kredit dan tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke teman saya untuk saran tentang cara untuk mendapatkan pinjaman online, kami berbicara tentang hal itu dan kesimpulan kita bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. Theresa yang merupakan CEO dari Theresa Loan.Company

     Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman (800 juta) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah 800 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit asli saya, yang bisa memberikan keinginan hati saya.

    Banyak terima kasih kepada Ibu Theresa untuk membuat hidup yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ms. Theresa melalui e-mail Theresaloancompany@gmail.com untuk informasi lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi terima kasih banyak untuk Anda mengambil waktu Anda untuk membaca tentang keberhasilan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Aku bernama martini, Anda dapat menghubungi saya untuk lebih banyak arahan melalui email saya: martinimarais1986@gmail.com atau fatma melalui feyzilfatma@gmail.com. Terima kasih

    BalasHapus


  10. Halo,
    Hari baik untuk orang-orang baik dari Indonesia, saya mrs Irene Angga, saya ingin berbagi kemenangan saya tentang cara ibu yang baik Mrs. Esabel membantu saya dan mengubah cerita kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, saya adalah seorang korban janji-janji palsu pemberi pinjaman dan aku kecewa. Saya telah kehilangan Rp20.000.000 ketika saya diterapkan untuk Rp450,000,000. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya akan hancur, dan dalam proses saya kehilangan salah satu daugther saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya pada ibu yang baik, Mrs. Isabel, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan pinjaman dan saya mendapat jumlah yang tepat diterapkan untuk dan saya sangat senang. ibu yang baik, saya ingin menggunakan media ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, yang membutuhkan pinjaman asli dan ingin mengamankan pinjaman cepat pada tingkat bunga 2%, hanya mendaftar melalui
    Ibu Isabel. via E-mail: Isabelloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya via E-mail: mrsireneangga@gmail.com untuk lebih jelasnya.

    BalasHapus
  11. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  12. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  13. Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar tagihan Anda atau memulai bisnis yang baik, Membeli rumah atau mobil? "Kredit Investasi" penawaran? Kami menyediakan pinjaman konsolidasi utang,

    pinjaman bisnis

    , Pinjaman refinancing rumah

    , Kredit mobil

    , Pinjaman pribadi

    dan pinjaman perusahaan dengan bunga 2% per tahun. Apakah Anda dalam kekacauan finansial atau anda telah ditolak oleh bank dan ditipu? Kami menawarkan jenis berikut pinjaman dan banyak lagi

    tidak ada biaya dimuka diperlukan

    persetujuan cepat

    cepat transfer dana,

    berlaku dengan kredit macet dan mendapatkan sukses

    hingga tingkat keberhasilan 95% ketika Anda mengajukan permohonan pinjaman di perusahaan kami; dari € 2.000,00 Minimum hingga maksimal € 9.000.000 Term Payment (1-30 tahun) untuk pembayaran, dengan Kelas dunia fasilitas standar dan memastikan bahwa dana yang masuk ke rekening bank Anda dalam 48 jam ke depan, kami menawarkan berikut. pinjaman kami baik diasuransikan untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami. jika berminat, silakan Balas kepada kami melalui email di aaminahrahmanloancompany@gmail.com, BBpin = 58BDF056

    BalasHapus
  14. Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Investasi Kredit" penawaran
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

    Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    BalasHapus
  15. Kami adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan

    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan

    masalah, jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk

    memulai bisnis Anda sendiri atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar

    tagihan, memulai bisnis yang baik atau Anda merasa sulit

    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e - email

    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com


    "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu,

    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..


    Namamu: ______________________

    Alamat Anda: ____________________

    Negaramu: ____________________

    Tugas Anda: __________________

    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________

    Jangka waktu pinjaman: ____________________

    Pendapatan bulanan: __________________

    Nomor handphone: ________________

    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________

    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...


    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan

    hubungi REBECCA WILLIAMS PINJAMAN PERUSAHAAN hari ini melalui e - mail:

    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  16. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA BISNIS MAN / WOMAN, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat melanjutkan tahun ini dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kita . Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: mariasednerloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  17. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  18. Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belurrm mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjamran dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

    BalasHapus
  19. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  20. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B} facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    Website: (iskandarlestari.wordpress.com)

    BalasHapus
  21. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B} facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    Website: (iskandarlestari.wordpress.com)

    BalasHapus
  22. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor (+393511318582) jujur ​​pada layanan kami.
    Assalamu`alaikum wr wb,

    BalasHapus
  23. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  24. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus